June 20, 2024

Fokus Pada Kulit, Jangan Make Up: A Clear Skin Guide

Halo teman-teman, pada kesempatan kali ini aku ingin sharing sedikit mengenai masalah wajah yang ku alami dalam beberapa tahun terakhir. Sedikit mengulas tentang wajahku, aku tidak punya begitu banyak jerawat dan juga wajahku cenderung kering tapi sedikit berminyak dibeberapa tempat. Banyak dari kita yang mengira bahwa “Oh yaampun jerawatan terus”, atau “pake ini dan itu deh, ikutin youtube deh atau yang lainnya” dan bahkan engga banyak juga yang “tutupin aja deh pakai make-up”.

Kecenderungan dari kita sering sekali seperti ini. Hal ini bisa karena kita yang tidak mau sedikit saja mencari tau lebih dalam untuk mengenal kulit kita sendiri atau bahkan kita memang berpaling dari lifestyle yang sehat seharusnya. Masalah lain yang aku hadapi selain jerawat pada wajah adalah jerawat yang ada dipunggung dan sekitar didaerah dada. Didaerah dada memang tidak banyak tapi untuk daerah punggung bisa aku bilang cukup banyak. Mereka juga bukan jerawat yang muncul-mateng- lalu pergi, tapi jenis jerawat yang keras didalem permukaan kulit, jadi sakit banget dan engga bisa juga untuk langsung dicungkil keluar.

Dalam 2 tahun terakhir aku banyak reflect sama jenis lifestyle yang aku jalanin bahwa mungkinkah aku enggak memperhatikan kesehatan kulit dan lebih fokus pake ini itu aja sembarangan, atau bahkan asal – asalan aja. Jadi, disini aku mau sharing sedikit tips yang mungkin bisa bantu kita untuk lebih memperhatikan kesehatan wajah kita.

Keringetan, Aku cepat banget untuk keringetan. Bahkan untuk jalan 5 menit aja kalau langsung dibawah matahari aku bisa langsung keringetan parah basahnya. Nah sering banget kalau udah pulang dengan aku yang keringetan baju dan wajahnya, aku langsung idupin ac. Dengan kena dinginnya AC aku suka merasa bahwa “oh aku udah enggak keringetan kok”, jadi aku suka langsung tiduran aja, tanpa ganti baju atau bersihin muka. Hal ini sebaiknya kita hindari.

Dengan tidur dalam keadaan keringetan dan engga ganti baju atau bahkan bersihin muka, ini membuat kita bersentuhan secara terus-menerus dengan kuman-kuman, kotoran, debu yang kita dapatkan dari diluar ruangan kamar. AC memang memberi kesan bahwa kita engga keringetan, tapi bukan berati kuman yang sudah nempel di kita jadi pergi. Karena itu, baiknya setelah pulang apalagi setelah seharian diluar , kerja, kuliah, kita biasakan mandi terlebih dahulu atau setidaknya basuh badan sebentar dengan sabun. Kalau kita berponi atau bahkan engga, sering ada jerawat yang dekat anak-anak rambut kita, ini juga bisa karena kotoran debu dan keringetan tadi, karena itu rutinlah shampoo-an apalagi khususnya didaerah seperti rambut belakang leher dan anak rambut didepan.

Tidur dipermukaan yang kotor, beranjak dari yang keringetan tadi, ayo kita bayangkan seberapa seringnya kita tiduran dikasur dengan baju yang sudah kotor, atau kita yang habis makan all you can eat dan bau asep lalu langsung tiduran? Atau yang baru aja pulang dari bar dengan make-up yang belum dibersihkan, baju yang bau rokok dan lain-lainnya, kita langsung tiduran?

Meskipun setelahnya kita mandi dan tidur ditempat yang sama dengan anggapan “Saya sudah bersih”, ingatlah bahwa tadi pas kalian masih “kotor” kalian sudah menempelkan kotoran-kotoran tersebut ke bantal dan kasur kalian. Jadi, usahakan seperti hal yang diatas, tidur atau rebahan setelah kalian udah mandi atau bersih. Jangan menempelkan kotoran-kotoran yang seharusnya bisa kalian hindarkan dikasur kalian. Untuk itu juga, rajinlah untuk ganti seprai kasur dan bantal kalian setidaknya 2 kali dalam sebulan atau 3 minggu sekali.

Minum yang banyak, Minum air putih yang banyak atau setidaknya 2 liter sehari sangat bagus untuk tubuh dan kulit kita. Selain engga bikin kulit kita kering, dehidrasi, ini juga bikin kulit kita lebih cerah. Memang kita semua pastinya engga pernah keep track dengan seberapa banyak sih yang kita minum. Jadi aku merekomendasikan kalian untuk at least keep track seberapa banyak gelas yang kalian minum. Kalau aku sendiri, aku suka minum dengan botol minum. Dengan begitu, aku bisa bawa kemana-mana dan tau seberapa banyak yang aku minum sehari karena aku tau berapa volume botolku.

Sebenarnya kadar seberapa banyak orang bisa minum air itu tergantung pada tubuh masing-masing. Ada yang bisa 3 liter, ada yang bisa 4 liter. Jadi kita semua enggak bisa disamakan, tapi ada baiknya kita memang minum air putih yang banyak. Minum air lain seperti teh, jus, tidak bisa dijadikan substitute akan air putih. Ingatlah bahwa air putih adalah air yang paling sehat dan pure, jadi kita engga boleh berfikir bahwa “Oh saya banyak minum teh” sama saja dengan “Saya banyak minum air putih”.

Jaga Makan, Makanan menjadi salah satu faktor penting kenapa kita bisa jerawatan. Kalau kita tidak menjaga asupan makan kita dengan pola makan yang sehat dan bersih, maka yang kita makan tidak akan membawa manfaat yang baik untuk tubuh dan kulit kita. Alhasil, bisa membuat kulit kita kusam dan juga bahkan jerawatan.

Selama kurang lebih 8 bulan terakhir, aku jaga makan banget sambilan mencoba hal-hal yang disebutkan disini dengan sebaik mungkin. Aku awali dengan mengurangi asupan gula berlebih, seperti minuman soda, kue-kue, permen. Aku juga mencoba untuk setidaknya 2 hari sekali makan buah, baik itu pisang, apel, kiwi, stoberi, dll.

Selain makan buah dan menghindari asupan gula berlebih, kita juga bisa mencoba dengan berhenti makan junk food atau makanan cepat saji lainnya. Hal ini seperti, McDonald, KFC, Pizza Hut, dll. Sesekali tentu gapapa tapi jangan sampai ini jadi habit rutin meal kita. Kentang goreng yang dibeli di tempat makanan cepat saji sering dianggap sebagai makanan yang “tidak masalah” bagi kita, tapi sebenarnya kentang goreng cepat saji itu mengadung semacam zat adiktif yang engga baik untuk tubuh kita. Subsitute-nya, daripada kita beli kentang goreng disana, kita bisa menggoreng sendiri dengan rasa yang kita lebih suka. Sehingga kita tau yang kita makan itu memang bersih dan tidak mengandung zat yang berbahaya.

Beranjak dari sana, cobalah juga untuk berhenti makan gorengan yang khususnya jika kamu beli dipinggir jalan. Tidak sehat dan juga kotor. Kalau mau makan gorengan, cobalah untuk masak sendiri, memang repot tapi ini bisa jadi hobi yang baru dan juga merupakan kegiatan positif.

Jaga kesehatan dan stamina tubuh = olahraga, This i tell you because jujur deh, masyarakat Indonesia tidak begitu banyak yang memperhatikan kesehatan tubuh mereka dengan cara berolahraga. Tidak hanya untuk orang yang sudah dewasa tapi bahkan untuk mereka yang masih muda.

Bagi kalian yang masih muda, masih SMA/Kuliah ada baiknya start dari sekarang. Jangan mendengarkan omongan teman-teman kamu yang mengejek kalau kamu mau berolahraga. Olahraga itu sehat dan banyak banget manfaatnya untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh kamu. Olahraga juga engga harus rutin yang setiap hari atau bahkan harus ditempat gym, cukup dirumah, diteras depan, atau bahkan dikamar kamu sendiri yang seharinya setidaknya 30-60menit.

Tidur yang cukup = min. 7-8 jam, Yep. This feel amazingly good ketika kalian tidur 7-8 jam atau bahkan lebih laugh at myself. Kenapa tidur yang cukup penting? Karena selain tidak membuat kulit kita kusam, bawah mata kita hitam, dan juga tidak kita jadi moody… tidur yang cukup baik untuk kerja sistem tubuh kita.

Pilih Skin care based on your skinDisini aku menaruh skin care distep yang paling akhir. Bukan untuk yang paling spesial, tapi menurut ku produk-produk yang kita pakai baik mereka mahal atau engga, tidak akan juga berpengaruh kalau kita tidak menjalani hal-hal yang diatas tadi.

Jujur aja, 2 tahun terakhir aku engga begitu pakai banyak skin care kayak dulu dan alhasil aku lebih seneng dengan hasilnya daripada aku yang waktu itu lebih banyak pake skincare sana sini dan engga menjalani rutinitas yang sehat. Namun aku tetap pake basic skincare seperti moisturizer, facial cleanser, toner, and sun screen.

Facial cleanser penting untuk membersihkan wajah kita, kenapa engga pakai sabun mandi aja sekalian? Woho,… jangan dong, nanti muka kita kering dan kasar. Ini juga sebenarnya depends pada sabun mandi kalian, kebanyakan sabun mandi ada mereka ada parfum, dan juga kandungan yang bisa bikin wajah kita jadi kering dan kasar kalau kita gunakan diwajah. Tapi untuk beberapa jenis sabun mandi, seperti sabun bayi atau Cetaphil, mereka bisa digunakan untuk wajah.

Selain itu, moisturizer penting untuk menjaga lembab-nya wajah. Agar wajah kita engga begitu sensitif kalau misalnya kita pakai heavy make-up atau ketika pakai produk-produk yang cukup sensitif. Sunscreen juga penting, selain menghindari matahari secara langsung, sunscreen juga bikin kulit kita lembab dan engga bikin kulit kita kusam. Meski kalian selalu diruangan ber-ac ada juga baiknya untuk tetap menggunakan sunscreen setidaknya dikit agar tetap menjaga lembabnya wajah.

Toner tergantung pada jenis toner apa yang kalian pakai, apakah mereka untuk mencerahkan, menghilangkan jerawat/exfoliating/komedo, dll. Penting engganya mereka menurut ku cukup penting kalau kalian misalnya menggunakan jenis yang exfoliating, ini bisa bantu kalian secara simpel, jadi kalian engga perlu menggunakan produk-produk khusus lainnya. (lagi, tergantung pada kulit kalian)

Selain daripada yang sudah aku sebutkan semua diatas, sedikit reminder bahwa kulit yang sehat adalah kulit yang paling baik. Jangan terfokus pada penggunaan make-up yang berat dan terus-menerus, sementara kalian tidak memperhatikan kesehatan kulit dan wajah kalian. Lebih baik memiliki kulit yang sehat daripada menutupi kekurangannya dengan make-up yang tebal.

On one other note, penggunaan make up yang terus-terusan juga sebetulnya tidak baik pada kulit kita. Make-up yang begitu tebal bisa aja terus-menerus meninggalkan partikel kecil seperti kotoran, bekas make-up, kandungan kimia, maka dari itu baiklah bahwa penggunaan make-up tidak usah keseharian yang terlalu tebal. Kenali wajahmu sendiri dan sesuaikan dengan yang kamu suka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top