June 20, 2024

Helix Piercing Part I: Tindik, Pengalaman, Ask me anything!

Bertindik sekarang sudah menjadi tren bagi kalangan anak muda, tidak hanya wanita tapi juga pria. Kebanyakan orang memilih untuk bertindik di cuping telinga dasar tapi ada juga yang memilih tempat untuk ditindik berbeda.

Kali ini, aku pengen ngebahas seputar tindik ditelinga dan juga tempatnya serta cara perawatannya. Pasti banyak banget dari kalian yang berfikir keras pada saat pengen nindik, entah takut dimarahin sama orang tua, atau dikeluarin dari sekolah, bahkan ada yang karena ketakutan sendiri. Sebenarnya, di tindik itu enggak sesakit yang orang – orang bilang, tapi engga semudah yang orang – orang bilang juga.

Saat kalian tindik, semua itu engga seperti yang kalian harapin atau bayangin deh pastinya. Mau dari anting tindiknya, bagus enggaknya, bersih atau enggak tempatnya, bahkan sampe setelah nanti perawatannya.

Salah satu tempat tindik yang cukup terkenal di Jakarta maupun daerah Serpong itu, setau aku itu di D’paris, Nah lokasi D’paris ini juga cukup mudah ditemuin, kalau di daerah jakarta barat rata – rata d’paris itu ada di mall besar seperti Mall Taman Anggrek, Central Park, Mall Ciputera. Kalau untuk anting sendiri, di D’paris itu anting yang berbahan titanium 1 nya 80k. 1 loh yaa bukan sepasang. kalau sepasang kan kanan-kiri kalau di D’paris, anting yang bahannya titanium itu 80k 1 nya.

Untuk harga tindiknya sendiri, di D’paris ini sepasang 48k (kanan dan kiri) menggunakan tembak dan kalau untuk tindik yang pakai jarum itu 180k tapi cuma 1. Kalau kalian cuma pengen tindik 1 tempat aja, lebih baik bawa temen deh bagi dua, karena 48k itu untuk 2 tempat tindik. Tapi kalau kalian cuma sendiri dan mau 1 tempat aja, pembayarannya tetep sama 48k, jadi lebih baik aja temen supaya biaya nya engga rugi – rugi banget.

Untuk menentukan pemakaian alat tindik, kalian harus tau dulu kalian mau tindik dimana. Di bagian rawan atau enggak, kalau kayak di hidung, bibir, lidah, sebaiknya kalian pake alat tindik yang jarum bukan tembak.

Yang Kalian Harus Pertimbangin Sebelum Tindik :

Kalau kalian masih di SMA, mungkin ini pilihan yang harus kalian fikirkan baik – baik. Pas mau masuk kuliah, ada loh beberapa Universitas yang enggak ngebolehin mahasiswa nya untuk tindik. Juga beberapa tempat kerja. Contohnya kalau kalian pengen ambil Perhotelan. Setau aku kebanyakan STP itu enggak ngebolehin mahasiswanya tindik, bertato, dan rambutnya di warnain. Bahkan mereka juga minta medical check-up yang juga nyebutin kalau kalian enggak bertato/tindik.

Kalau kalian mau tindik, kalian juga harus siap untuk ngerawatnya. Jangan ada deh sekalipun pemikiran abis nindik juga di diemin nanti baik – baik aja. Setelah di tindik, kalian juga harus ngerawat tindikan kalian dan enggak bisa hanya menggunakan anting – anting biasa. Sebenarnya kalau masalah anting, itu tergantung orangnya. Ada beberapa yang pake anting murah dan baik – baik aja tapi ada juga yang pake anting murah malah gatel – gatel, hal ini tentu bakal bikin kamu takut, apalagi kalo kamu baru pertama kali tindik.

Tempat tindikan juga jadi masalah bagi kalian yang pertama kali. Ada beberapa yang pengen tindik di bibir atau lidah, juga di puser, itu kalian harus tau apa pro dan kontra nya.Di lidah itu biasanya lebih lama proses penyembuhannya dan juga lebih beresiko, sama aja kayak tindik di bibir, itu beresiko untuk merusak gigi kalian. Kalau untuk tindik ditempat – tempat yang bisa dibilang beresiko, lebih baik kalian tindik ditempat yang memang terpecaya dan berpengalaman. Bukan di tempat tindik – tindik biasa.

Kebanyakan tempat tindik itu, mereka enggak mau ambil pusing. Yang penting mereka menindik orang dan dapat duit. Enggak semua tempat tindik itu mau bantu ngasih konsult ke orang yang mau di tindik. Ada lebih baiknya kalau sebelum kalian tindik, kalian pikirin dulu mau dimana tindiknya, kalau memang kalian berencana untuk kerja di tempat yang mungkin enggak mau menerima orang yang ada bekas tindiknya, cobalah untuk tindik didaerah yang tertutup.

Setelah Menindik:

Jangan pernah sekalipun melepas anting tindikan yang masih 1-2minggu! Pas kalian nindik mungkin dibilangin untuk ganti anting setelah seminggu, namun pada kenyataannya kemungkinan tindikan kalian sudah kering itu belom 100%. Tindik di cuping telinga dasar itu biasanya dia lebih cepet penyembuhannya ketimbang tindik di daerah tulang rawan. Kalau ditulang rawan, lebih baik engga dilepas tindikannya itu sampe kalau di tarik-tarik, tindikannya engga sakit.

Berapa lamanya juga tergantung kupingnya. Pas ditindik itu, biasanya kalau tembak dikasih anting dari sananya, nah itu biasanya dia pake anting yang body-nya besar. Lebih baik pake anting yang bodynya besar daripada pake antingnya tipis, karena kalau kalian pake anting tipis gitu, enggak semua anting bisa masuk nantinya.

Kalau udah ditindik, sering-sering dibersihin dan jangan sering dimain-mainin antingnya. Kalau tindikan kalian bengkak, itu bisa aja infeksi, biasanya sih pake air garem yang anget untuk nyembuhinnya, tapi kalau takut, kalian bisa coba pake salep yang memang untuk tindik.

Harganya juga engga mahal, kalo gak salah itu harganya dibawah 20k. Cari aja di Apotek salep untuk bekas tindik, pasti apotekernya tau, dan juga kalau bekas tindikan kalian gatel, itu biasa ada 2 kemungkinan, itu gatel karena infeksi atau emang tindikannya mau sembuh.

Setelah tindik juga, usahakan tindikan kalian itu engga kena timpa. Lebih baik tidur dimana tindikan kalian engga ditimpa/tertindih, karena itu bisa bikin bengkak juga dan malah makin sakit. Jangan buru-buru juga pengen ganti anting! Lebih baik menunggu, atau gak dari awal kalian memang pake anting yang kalian mau, jadi ga perlu ganti-ganti anting setelah tindikannya kering.

Tindik tulang rawan/helix piercing itu sebenarnya enggak sakit banget, tapi kembali lagi itu tergantung sama orangnya. Sakitnya paling cuma diawal aja, abis itu udah, engga sakit. Perawatannya sama, cuma memang proses healingnya agak lebih lama. Untuk yang mau tindik tulang rawan, sebenarnya bisa pake tembak/jarum. Tapi menurut aku pribadi, kayaknya lebih baik pake jarum.

Kalau kalian ingin tindik, ingat yaa, jangan memilih tempat tindik yang sembarangan, dan berfikir karena murah, jadi kalian asal tindik aja. Lebih baik agak mahal tapi aman, karena seperti yang disebutkan diatas, engga semuanya mau kasih konsult gratis ke kalian tentang tindik yang baik dan juga perawatan yang benarnya.

Nah, kalau kalian ada pertanyaan apapun. Silahkan ajukan pertanyaan ya!

2 thoughts on “Helix Piercing Part I: Tindik, Pengalaman, Ask me anything!

  1. My wife and i were really contented when Louis could finish off his reports from the ideas he acquired when using the web site. It’s not at all simplistic just to always be giving for free points which other people may have been trying to sell. Therefore we do know we’ve got the writer to appreciate for that. The type of illustrations you made, the simple website menu, the relationships you can make it easier to instill – it’s everything fabulous, and it’s facilitating our son in addition to our family understand this situation is thrilling, which is truly indispensable. Thanks for all!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top