June 20, 2024

Helix Piercing Part II: Perawatan

Part II dari penjelasan Helix Piercing ku :p Oke, disclaimer dulu sebelumnya bahwa ini berdasarkan pengalaman pribadi aku, sehingga aku hanya memberikan saran saja untuk kasus yang satu ini. Hal ini dikarenakan kondisi setiap orang berbeda-beda dan tubuh/kulit kita juga bereaksi secara berbeda.

Seperti pembahasan pada post sebelumnya dan juga beberapa banyak yang minta saran karena tindikan mereka masih bengkak meskipun sudah dua-tiga minggu (diblog lama aku), jadi aku mau kasih tips yang mungkin bisa membantu kalian untuk meredakan bengkak tindikannya.

Pahami dulu kenapa bisa bermasalah tindikannya. Mungkin gak kamu baru aja tindik terus pulang tidur dan nimpa tindikkannya? Jangan loh ya πŸ™ kan masih baru kebuka gitu, kayak luka pasti. Jadi kalau bisa tidur disebelah sisi yang engga ada tindikan barunya. Lalu mungkinkah kamu agak kotor dalam hal menjaga kebersihannya? Contoh: kamu engga pernah bersihin, lembab, kena sabun dan kamu diemin aja, kamu pegang-pegangin terus gak berhenti-henti, kamu pelintirin terus antingnya ke kanan kiri. Ini lebih baik kamu jauhin sekali sih, apalagi dua terakhir. Menjaga kebersihan tindikan baru itu penting banget, jangan asal dipegang-pegang terus apalagi kamu tangannya bisa aja kotor abis pegang hape dll.


Kalau misalnya masalah kamu karena kebersihan, coba untuk bersihin aja pake air putih dan jangan dipegang-pegang terus!!!! Ini sih saran dari Mbak-mbak yang tindikin aku: pakain minyak kayu putih. Aku sempet coba tapi sebenernya engga begitu ngaruh sih di aku, tapi temenku ada yang begini terus aman-aman aja bagi dia.


Kalau bengkak: Jangan kamu lepaskan antingnya! It’s oke dan it’s fine. Bengkak normal kok apalagi untuk Helix gitu, rata-rata pada bengkak temen-temen aku juga. Tapi ini kamu perhatikan terus tiap harinya dia membaik apa memburuk ya. Kalau bengkak sama stepnya: diemin aja, jangan di pencet, jangan dipegang, dan jangan dilepas antingnya.


Kalau kamu takut dan menurut kamu kondisinya agak tidak normal. Ke apoteker untuk minta obat, bilang aja kamu abis tindik berapa lama terus bengkak udah berapa lama. Mereka biasanya tau langsung obat apa yang direkomendasiin untuk bengkak gitu, obatnya juga gak mahal dan cenderung obat general gitu sih. Karena udah bertahun-tahun lamanya aku jadi lupa apa nama obatnya maaf guys πŸ™ omg ignorant banget gue


Cek ke puskesmas/klinik kalau ingin tau pendapat langsung dari yang berpengalaman. Gapapa dan juga kalau klinik/puskes engga mahal. Waktu itu aku pernah dan kayaknya abis ga sampai 100 ribu deh.


Nah tapi seperti yang aku bilang juga, kamu harus perhatikan perkembangannya. Kalau perkembangannya kearah yang makin tidak normal dan kamu worry coba untuk ke dokter aja. Tapi untuk tindikan yang kondisinya udah cukup parah, yaitu yang udah ada nanah nya, ini kalian patut ke dokter sih untuk periksa karena takutnya kalau dibiarkan terus malah jadi infeksi.

Waktu itu aku juga ke dokter karena nanah aku uda ada belakang kuping, jadi dia kayak bengkak gitu ada bola kecil terus didalemnya nanah-nanah gitu. Aku disuruh sama dokter untuk lepas anting dan rutin dipakein betadine. Betadinenya juga kalau ga salah disuru yang salep daripada yang cair (kurang inget) karena apa gitu… dan tiga kali sehari untuk pencetin nanahnya biar keluar.

Ini sakit sih ahahaha, rasanya menderita waktu itu. Aku bersihin nanahnya sekitaran 4 hari berturut-turut karena nanahnya bisa balik lagi meskipun dihari pertama dan kedua kamu bersihin, makanya harus rutin. Setelah udah ga ada nanah, nanti bekas tindikannya bisa kering sendiri yang penting di pake betadine terus. Lama-lama juga jadi nutup bekas tindikannya deh.

Kalau kalian, gimana pengalamannya? πŸ˜‰

2 thoughts on “Helix Piercing Part II: Perawatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top