June 20, 2024

Ini Alasan Kenapa Cetaphil Gentle Cleanser Enggak Memberikan Efek Apapun Ke Wajah Kamu!

Kenapa? kOk BiSa? Personally? Menurut saya Cetaphil terlalu diagung-agungkan oleh beberapa influencers atau bahkan youtuber mengenai manfaat dan hasil penggunaannya, hal ini membuat kita penonton dan pembaca jadi ketagihan dengan produk-produk yang digunakan mereka untuk membeli secara langsung tanpa memikirkan kondisi kulit kita sendiri.

Sebelum memilih facial cleanser, ada perlunya kita tau untuk apa penggunaan facial cleanser itu dan apa saja kandungan yang ada didalamnya untuk memahami apakah nantinya produk tersebut akan berfungsi dengan baik atau tidak. Biar saya contohkan, kalau wajah kamu memiliki jerawat yang sangat parah, terdapat jerawat aktif, luka-luka, dan lain-lainnya, maka ada 50% kemungkinan bahwa produk yang kamu gunakan ini tidak akan berfungsi dengan baik diwajah kamu.

Kenapa? Hal ini dikarenakan tidak ada kandungan spesifik apapun yang ada di Cetaphil Gentle Cleanser ini yang dapat digunakan untuk meredakan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, atau bahkan untuk memulihkan kembali tekstur wajah kamu. Selama ini kita selalu melihat bahwa facial cleanser mereka itu Cetaphil dan bekerja, dan nyatanya.Orang sering bilang ini namanya “cocok-cocokkan”, well its not always.

Cetaphil Gentle Cleanser merupakan sabun cuci muka yang memang hanya bertujuan untuk membersihkan wajah kamu. Bukan spesifik untuk jerawat dan bukan juga spesifik untuk mengembalikan kondisi wajahmu. Cuci muka ini memang bagus untuk dipakai dan bahkan banyak direkomendasikan oleh kebanyakan dermatologist yang ada di Indonesia, tapi kembali lagi, jangan salah.

Kemungkinan direkomendasikannya cuci muka ini adalah:

Cetaphil tidak mengandung bahan-bahan berbahaya/kandungan yang dapat memperburuk kondisi wajah. Hal ini dapat kita lihat dari begitu sederhananya kandungan yang ada didalam cuci muka ini (dan saya tidak akan bahas satu persatu) dan juga Cetaphil terkenal dengan klaimnya yang “tidak berbau” dan “tidak berwarna”. Apa artinya? artinya bahwa Cetaphil tidak menggunakan pewarna apapun dan juga pewangi.

Karena tidak menggunakan parfum/pewangi dan juga pewarna, maka Cetaphil sesuai dengan klaimnya yaitu gentle cleanser yang merupakan cuci muka yang lembut dan tidak membuat wajah kita jadi kencang atau ketarik seperti produk-produk lain.
Tidak berbusa. Facial cleanser yang tidak berbusa artinya bahwa tidak ada detergen didalam cuci muka itu, sehingga ini justru tidak merusak dan tidak membuat kulit/wajah kita kering.

Lalu bagaimana jika menggunakan cuci muka yang membuat wajah kita kering/kasar karena akibat dari adanya parfum, detergen, atau bahkan pewarna? Maka jerawat justru malah akan tambah bermunculan diwajah kita. Inilah kenapa banyak yang merekomendasikan kamu yang memiliki kondisi jerawat parah untuk menggunakan cuci muka yang gentle dan sebagainya.

Namun apakah Cetaphil Gentle Cleanser menjadi pilihan utama kamu? Tidak juga. Kalau kamu ingin hasil yang maksimal untuk meredakan jerawat yang ada diwajah kamu atau untuk menghilangkan jerawat, saya tidak sarankan juga menggunakan cuci muka ini kecuali memang kamu menggunakan produk-produk lain untuk menyembuhkan kondisi wajah. Cara melihatnya seperti ini:

Kamu menggunakan Cetaphil memang hanya untuk membersihkan wajah kamu. Artinya, kamu tidak mengharapkan hasil apapun lainnya selain mencuci kotoran-kotoran yang ada diwajah kamu.

Kamu menggunakan Cetaphil sebagai pembersih wajah dan menggunakan produk-produk lainnya khusus untuk mengobati jerawat. Artinya, antara fungsi si facial cleanser dan treatments yang kamu pakai memang berbeda namun saling menjaga keseimbangan kulitmu sehingga hasil yang didapatkan dapat maksimal.

Seperti saya sendiri, ketika saya sedang breakouts atau memiliki jerawat dibeberapa bagian wajah saya tetap menggunakan Cetaphil Gentle Cleanser sebagai facial cleanser namun menggunakan obat alternatif lain khusus untuk meredakan jerawat. Jika saya merasa harus menggunakan sesuatu yang lebih kuat maka saya cenderung untuk menggunakan facial cleanser yang memang khusus dapat meredakan jerawat.

Jadi, jangan langsung beli-beli saja ya! Apalagi mengingat harga facial cleanser ini tidak murah ahaha 😀 dan ingat untuk memeriksa kandungan yang ada di dalam produk sehingga tidak salah beli atau dirugikan.

xoxo!

7 thoughts on “Ini Alasan Kenapa Cetaphil Gentle Cleanser Enggak Memberikan Efek Apapun Ke Wajah Kamu!

  1. Hi I am so excited I found your webpage, I really found you by error, while I was looking on Askjeeve for something else, Anyways I am here now and would just like to say many thanks for a fantastic post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don抰 have time to read it all at the minute but I have book-marked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the excellent work.

  2. Great site. Lots of useful information here. I am sending it to several friends ans also sharing in delicious. And obviously, thank you on your effort!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top