June 20, 2024

Men Are from Mars, Women Are from Venus oleh John Gray | Review Buku

Judul : Men Are from Mars, Women Are From Venus

Penulis: John Gray, Ph.D

Bentuk buku: E-book

Peringatan: Banyak yang engga suka buku ini, tapi engga dikit juga yang cinta sama buku ini. Jadi ini berdasarkan review pribadi.

Buku ini menjelaskan perbedaan antara laki-laki dan wanita. Bahwa kedua jenis kelamin ini pada dasarnya berasal dari planet yang berbeda, yaitu laki-laki dari Mars dan wanita dari Venus. Atas dasar itu, maka cara berfikir, merasa, dan perlakuan kedua gender juga berbeda.

Men Are from Mars, Women Are from Venus selain menjelaskan perbedaan-perbedaan tersebut, juga memberikan contoh dan solusi bagaimana cara yang baik untuk menghadapi lawan dan sesama jenis. Selama membaca buku ini, aku merasakan perasaan yang dijelaskan oleh Gray. Tidak hanya dalam masalah berperasaan tetapi juga dalam hal menanggapai beberapa masalah yang ada.

Buku ini juga memberikan penjelasan bagaimana cara yang baik dalam hal membangun komunikasi dan hubungan dengan teman, orang yang disayangi/dicintai, juga orang tua. Aku sedikit tercengang sih bagaimana selama ini hubungan yang aku punya dengan orang-orang sekitar aku cukup buruk dan buku ini memberikan sedikit penjelasan tentang perasaan itu. Selain itu juga mengajarkan bagaimana mengerti dan menerima perasaan orang lain, yang tentunya tidak selalu sama dengan kita, tanpa menvalidasi perasaan orang lain karena itu bisa sangat menyakitkan untuk mereka.

Nah, tapi buku ini banyak perdebatannya nih. Beberapa yang mungkin akan kalian temui adalah di Goodreads, bahwa banyak yang memberikan komentar keras akan buku ini karena tidak didasari oleh suatu scientific basis dan juga bahwa buku ini seksis. Seolah-olah memvalidasi bahwa perempuan itu tidak independen dan lebay, etc. Jujur sih menurut ku itu tergantung dalam beberapa konteks. Kalau kamu yang benar-benar buta akan perasaan-perasaan kamu sendiri, ada baiknya kamu baca buku ini untuk menuntun kamu secara garis besar saja.

Toh, buku ini diberikan sebagai arahan yang bisa digunakan tentang bagaimana cara membangun dan memperbaiki hubungan kamu dengan pasangan atau lawan jenis dengan saling memahami permasalahan dan kebutuhan masing-masing. So, I still gonna recommend this book and give it 4 out of 5 rating! 🙂 Cheers.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top