June 20, 2024

Lolita oleh Vladimir Nabokov | Review Buku

Judul Buku: Lolita

Penulis: Vladimir Nabokov

Penerbit: Serambi

Jenis buku: Dewasa

Rating: 5/5

Apa yang biasanya kita pikirkan jika mendengarkan sebutan itu? “Lolita” , sesuatu yang positif, negatif, atau biasa saja?

Buku ini merupakan sebuah memoar pengakuan seorang duda dengan inisial H.H atau Humbert Humbert, yang jatuh cinta kepada seorang gadis belia bernama Lolita atau Dolores. Menceritakan serangkaian peristiwa, perjalanan, dan perasaan Humbert demi mendapatkan cinta Lolita dan agar dapat menggapai impiannya, mencumbui Lolita.

Kehidupan Humbert secara detail dituangkan dari sebelum, sampai, dan sesudah ia bertemu dengan Lolita-nya. Seluruh kejadian menjijikan, perlakuan hina, dan dosa-dosa Humbert secara jelas nyata dapat kita rasakan langsung dalam buku ini, menghanyutkan kita pada sejuta perasaan berbeda dalam hal menanggapinya.

Meskipun terdapat berbagai istilah dan ungkapan puitis yang diberikan oleh Humbert, yang mungkin sebagiannya hanya dapat diartikan makna sesungguhnya oleh Humbert sendiri, buku ini jelas telah menghanyutkan saya pada perasaan-perasaan yang kontradiktif antara satu dengan yang lainnya.

Hinakah apa yang dilakukan Humbert Humbert yang mencintai anak tirinya itu hingga ia rela melakukan segalanya? Apakah sungguh yang Humbert Humbert lakukan adalah dosa hina semata dan bahwa ia adalah lelaki tua yang sakit? Hanya para pembaca sendiri yang dapat menentukannya.

Banyak dari kalian yang mungkin akan mengkritisi buku ini dan menganggapnya hina, tapi bagi saya buku ini adalah buku percintaan yang sangat meluluhkan hati. Tentu saja apa yang dilakukan H.H tidak pantas dilakukan kepada gadis kecil manapun, tapi buku ini juga memberikan kita pandangan yang berbeda dari sisi seorang yang “sakit” tersebut akan perasaan sesungguhnya yang ia rasakan dan bagaimana kegilaannya itu membuktikan adanya cinta yang tulus.

fakta: Lolita merupakan sebuah karya seni tersohor pada masanya. Buku ini banyak dijadikan refernsi sebagai sebuah kasus ilmu kejiwaan yang menarik dan memberikan dampak moral yang tajam, yang tersembunyi melalui tokoh-tokohnya.

Kalau kalian bagaimana? Mau baca tidak buku ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top