June 20, 2024

The Professor oleh Charlotte Bronte | Review Buku

Judul Buku: The Professor

Penulis: Charlotte Bronte

Penerbit: PT Gramedia

Jenis Buku: Klasik

Rating: 5/5

Tidak bohong tapi aku cinta sekali sama buku ini. Aku rasa buku ini memberikan begitu banyak perlajaran melalui karakter-karakternya yang istimewa.

William Crimsworth adalah seorang lelaki sebatang kara yang memulai kehidupan barunya dari nol hingga akhirnya ia bisa terlepas menjadi beban paman-pamannya dan sukses menjadi seorang guru di negeri lain.

William yang begitu tekun, rajin, tidak mudah putus asa, dan berkeinginan keras mengajarkan kita bahwa kita harus serius dalam mengejar mimpi dan tidak boleh patah semangat meskipun banyak tekanan-tekanan yang datang.

Disisi lain, Frances Henri, wanita muda pemalu yang giat untuk terus belajar tanpa kenal lelah. Tidak takut untuk salah. Namun dibalik ketegarannya, ia menyimpan begitu banyak keraguan dan mempunyai perasaan yang rapuh.

Buku ini mengisahkan kehidupan keduanya yang memiliki karakter kuat, penuh gairah, dan sederhana dalam hidup menjalin cinta dan membangun keluarga kecil yang bahagia. Meskipun dalam perjalanannya mereka memiliki kendala-kendala hidup yang tak mudah untuk dipecahkan begitu saja.

Kata-kata dan penggambaran yang dilukiskan oleh Charlotte dengan bahasanya yang menawan sungguh membuat buku ini menjadi sebuah buku yang kuat, menggetarkan hati dan membuat kita ingin melepaskan kobaran api yang ada dalam hati selama membaca buku ini. Tidak hanya kedua karakter yang memberikan getaran kepada kita tetapi juga karakter-karakter lainnya yang menunjukkan bagaimana kemanusiaan dan persahabatan yang sesungguhnyalah yang memberikan harapan akan hidup dan membuat kita bertahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top