June 20, 2024

ENOLA HOLMES (2020) | Bukan Jenis Film Sherlock Holmes (kita)

source: IMDB

Halo bibilotians! Enola Holmes pastinya film yang sangat ditunggu-tunggu nih oleh para penggemar Sherlock Holmes. Tidak hanya satu keluarga Holmes yang dibawa dalam film ini, tetapi kita juga mengenal adik kecil dari Mycroft dan Sherlock Holmes sendiri! Pertualangannya!

Film ini ditayangkan via Netflix pada September 23 lalu dengan durasi film 2 jam dan ber-rating PG -13. Sejauh ini, yang kita ketahui, film ini menceritakan tentang pertualangan adik kecil Mycroft dan Sherlock, yaitu Enola Holmes (Millie Bobby Brown) yang ingin mencari ibunya yang mendadak hilang secara misterius.

Kendati demikian nih teman-teman, setelah menyaksikan 2 jam lamanya dari film ini, biar saya katakan kepada Anda sekalian, bahwa film ini bukanlah film bagi kalian penggemar Sherlock Holmes. Kenapa? Yuk kita bahas.

source: google

PLOT yang bercampur. Entah apakah itu teknik marketing atau bukan, tetapi jika kita melihat trailer film ini, kita akan diberikan cuplikan pertualangan Enola yang begitu asik dan misterius karena kejadian hilangnya Eudoria Holmes. Namun dalam perjalanannya, ada lebih dari sekitar 3 plot berbeda yang diberikan dari film ini.

Baik apakah itu pertualangan mencari ibu Enola sendiri, membantu sang Lord, atau perencanaan rahasia lainnya. Meskipun satu dan yang lain ini berkaitan akhirnya, namun penyampaian cerita-cerita tersebut tidaklah begitu selesai dan lengkap.

Maka, yang akan kita lihat dalam film ini adalah satu cerita berpindah ke cerita lain yang meski memberikan keseruan terhadap tiap cerita sendiri, tidak memberikan kepuasan yang penuh bagi penonton atas keseluruhan cerita.

Source: google

Selain itu, aktor-aktris dalam film ini yang sungguh luar biasa menakjubkannya. Enola Holmes memberikan kita Millie Bobbie Brown sebagai pemain Enola Holmes sendiri, Henry Cavill sebagai Sherlock Holmes, Helena Bonham Carter sebagai Eudoria Holmes, dan Sam Claflin sebagai Mycroft Holmes. Empat aktor-aktris yang telah sangat dikenal dalam film Hollywood, bertemu menjadi satu! Inilah sebenarnya yang menarik saya untuk menyaksikan Enola Holmes karena rasa penasaran saya melihat tidak hanya Henry tetapi juga Sam memerankan peran yang cukup berbeda dari peran-peran yang mereka pernah mainkan sebelumnya.

Tidak usah ragu dengan kehebatan Helena Bonham Carter karena dirinya selalu bisa beradaptasi! Beliau memainkan peran Eudoria yang sangat rahasia, penuh pengetahuan, cerdik, dan tentunya tipikal keluarga Holmes dengan sangat baik. Tidak hanya keempat aktor-aktris tersebut tentunya, kita juga harus mengapresiasi Louis Partridge, Burn Gorman, Susan Wokoma serta aktor-aktris lainnya yang berperan dengan sangat menakjubkan dalam film ini. Namun yang mengecewakan saya adalah, beranjak dari point pertama, karena campuran plot yang tidak diatur dengan halus, film ini justru memberikan kesan minimnya pemain-pemain ini tampil dalam film.

Kita hanya melihat Eudoria di awal dan diakhir film, melihat Edith hanya satu-dua kali, padahal cerita mereka bisa dikatakan cukup besar dalam film. Selain itu, kita hanya melihat sedikit dari Sherlock-Mycroft dan cerita mereka. Jadi, menurut saya dengan hebatnya para aktor-aktris ini, peran mereka tidak diceritakan dengan lugas.

source: google

Nah, saya sudah memberikan pendapat saya tentang kekurangan dari Enola Holmes, yang menurut saya sungguh disayangkan. Tapi tentunya, Enola Holmes juga memiliki sisi menarik yang justru membuat film ini cocok untuk ditonton bersama keluarga apalagi anak-anak remaja.

Tidak hanya permainan teka-teki yang merupakan ciri khas dari keluarga Holmes, tetapi makna dibalik cerita-cerita film ini juga memberikan kita pengetahuan serta kesadaran terhadap dunia yang ada sekarang ini, salah satunya adalah kesetaraan gender. Saya tidak mau membicarakannya lebih panjang karena pastinya saya jadi spoiler hehehe. Tapi film ini memberikan kita serangkaian dinamika politik yang ada di dunia sekarang ini khususnya dalam hal hak-hak perempuan dalam politik dan kesetaraan gender pada umumnya.

Enola Holmes juga memberikan kita pandangan bagaimana seorang gadis/anak/ataupun remaja pada umumnya, memiliki kisah mereka masing-masing. Mempunyai kesukaan dan tujuan dan/atau harapan hidup yang mereka inginkan sendiri, sehingga peran keluarga juga penting dalam mendukung anak. Tidak hanya menyuruh dan memerintah, tetapi memberikan pandangan dan pelajaran agar mereka mengerti, siap, dan lebih lagi, lebih berani dalam mengambil risiko hidup.

Atas dasar itu :

Film: Enola Holmes
Rating Penulis: 7 dari 10

ciao! see you on the next read!


Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top