June 20, 2024
Review Belanja di Zaful + Pajak Bea Cukai

Review Belanja di Zaful + Pajak Bea Cukai

Halo semuanya! Sepertinya sudah cukup lama sejak posting terakhir, kali ini aku ingin bahas tentang pengalaman aku belanja di sebuah website, aplikasi dan dari perusahaan asal Hong Kong yaitu Zaful. Zaful ini sudah cukup terkenal,

source: linkedin Zaful

banyak barang-barang mereka di endrose oleh artis-artis maupun selebgram. Mereka juga cenderung banyak barang yang murah – kalau di lihat dari iklannya.

Akhirnya, aku sendiri tertarik untuk coba beli barang-barang dari sana. Disana banyak banget barang yang bagus, murah, dan cenderung style korea/western gitu. Ada juga review langsung dari pembeli disana, kayak aplikasi-aplikasi e-commerce pada umumnya, jadi gampang banget untuk tau barang-barang yang nyampe ke pelanggan itu bagus apa engga.

Nah sebelum aku ke details nya, aku terangin sedikit bahwa karena Zaful ini produk luar negeri, waktu itu aku beli dengan harga USD karena belum ada pilihan IDR. Tapi sekarang mereka sudah menyediakan harga dengan kurs Rupiah, jadi lebih mudah untuk kita ngitung berapa total yang harus dibayar. Selain itu, sekarang di Indonesia ada peraturan baru bahwa bagi siapapun yang beli produk dari luar negeri termasuk tekstil, itu harus bayar pajak di bea cukai. Pembayaran pajak ini berlaku bagi barang yang total harganya diatas 3 USD dan di hitung berdasarkan nilai harga barangnya. Jadi engga semuanya sama atau bisa aja setiap kali beli barang, pajaknya beda-beda.

Aku sendiri beli sekitar 4 barang. Celana, bikini, baju, dan sejenis sweater gitu. Dari 4 barang yang aku beli, semua benar-benar bagus! Engga ada yang mengecewakan dan sesuai banget sama deskripsi dan fotonya. Memang ada satu barang yang aku beli itu, bahan kaosnya cenderung tipis agak transparan, tapi memang dari review dan deskripsi bajunya emang bahannya tipis, jadi gak masalah sih. Selain itu, aku tuh belinya pas lagi sale, jadi total 4 barang itu aku sekitar $40.00 lebih, dan free ongkir! Jadi kalau di kurs rupiah sekitar Rp 450.000-500.000.

This image has an empty alt attribute; its file name is AxuJ8dudqeb

Nah, ini barang-barang yang aku beli. Bahkan celananya aja bagus banget untuk seharga yang gak mahal. Bahannya enak, adem dan ada tali pinggang kainnya gitu jadi bisa disesuaikan dengan pinggang. Semua barang yang aku beli ini engga ada yang melewati $16, jadi baju-baju dan bikini yang aku beli itu harganya hanya sekitar $11-12 aja. Barang-barang yang aku beli juga engga ada sama sekali yang luntur pas dicuci atau apapun, jadi memang sesuai bangetlah sama deskripsi.

Ini foto barangnya dari dekat:

Selain itu, yang paling aku suka banget, adalah packaging-nya! Meskipun dia gak pakai kotak, tapi setiap barangnya itu aman dan bersih karena dipakein plastik dari store-nya plus plastik dari zaful. Setelah dipakein dua plastik itu, setiap barangnya itu dipakein ziplock bag dengan tulisan Zaful. Ziplock-nya sendiri berguna banget untuk dipake travelling atau simpan make-up dan barang-barang kecil! Awet banget lagi.

tapi ini ziplocknya kayak kotor karena aku sudah lama banget pake ini jadi kantong make-up. Jadinya kotor dan agak butek ahahah.

Untuk pengirimannya, seperti yang tadi aku kasih tau kalau free ongkir, jadi kita engga perlu bayar ongkir apapun. Waktu pengirimannya sih cenderung cepat menurut aku, hanya sekitar 10-14 hari aja udah sampe di Indonesia. Aku beli sekitar 19 Januari 2020 dan awal febuari itu dia sudah sampai. Meskipun begitu, ada yang bikin lama, yaitu bea cukai atau mungkin bea cukai di Jakarta aja yang lama ahahaha. Soalnya aku sampai 3 minggu gitu baru di kirim ke alamat tujuan dari bea cukai. Sedangkan di kota lain, bea cukainya cenderung cepat dan langsung diinfokan ke kita kalau barangnya sudah sampai.

Jadi, penilaian aku, enak banget belanja di Zaful dengan harga yang sesuai dan pengiriman yang enggak lama! Aku definitely pengen lagi belanja disini, khususnya kalau lagi sale ahahah. Kalian gimana? Ada pengalaman belanja dari luar negeri? Share dong!

4 thoughts on “Review Belanja di Zaful + Pajak Bea Cukai

    1. Halo! Wah, uda di cek belum di resi nya?
      Coba email Zafulnya untuk cari tau bisa cek resi dimana (aku lupa)
      atau kamu bisa coba cek resi lewat pos indonesia gitu. Pokoknya nanti kalau udah ketemu resinya, bisa dilihat statusnya uda sampe di Indonesia/belum atau udah sampe tapi masih di Bea Cukai.

      Biasanya proses di Bea Cukai yang lama banget, aku juga dulu gitu, sampe ada 1 bulan nunggu di bea cukai. Itu gara2 dari orang bea cukai nya emang lama untuk sortir barang kita dan hitung pajaknya. Kalau kamu mau, coba nanti telfon ke bagian bea cukai nya untuk tanya barang. Kamu juga bisa ambil sendiri nanti barangnya kalau emang urgent ke bea cukai (kalau nunggu bea cukai, nanti di anterin ke alamat tujuan).

  1. halo Kak,
    berarti belanja di zaful di kenakan pajak bea cukai sendiri ya? ga include harga yang tertera di zaful nya?

    1. Hello Jesslyn,

      Yap. Bener, karena pengenaan pajaknya bukan dari Zaful tapi negara yang nerima barang dari luar negeri, kalau kita pajak bea Indonesia. Kalau dari Zaful sendiri, engga ada pajak bea cukai.
      Aturan kena berapa dan itung persenan berapa pajaknya, kamu bisa cek dan itung sendiri juga kok (kalau mau kira-kira sebelum beli), coba cek website bea cukai Indonesia. Mereka kasih tau cara penghitungan pajaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top