June 20, 2024

Simple-Easy Aglio e Olio

Hi-hi-haiii!

Siapa yang bingung besok mau makan apa? Hehehe… Yuk coba masak salah satu hidangan dari Italia yang gampang banget cara buatnya dan super autentik!

Salah satu alasan kenapa aku suka banget dengan hidangan ini, selain mudah sekali tentunya karena dia termasuk sehat dengan menggunakan berbagai bumbu dapur yang simpel. Yuk ke bawah untuk lihat apa aja dan bagaimana cara masaknya:

Bahan
+ Spageti ( la fonte -10)
+ Minyak zaitun (filippo berio, kalau tidak ada minyak zaitun bisa pakai minyak kelapa atau minyak jagung)
+ Bawang putih
+ Bubuk cabai (flakes/powder juga bisa)
+ Garam dan lada untuk rasa
+ Air masak spageti
+ Daun sop
+ Daging (optional, bisa pakai atau engga)

Cara masak:

  1. Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan spageti dan taburkan garam secukupnya ke dalam pasta untuk rasa.
  2. Jika mau menggunakan daging, bisa menggunakan daging ayam atau sapi. Untuk sapi, aku rekomendasi ham atau bacon. Sebelum masak spagetti e olio nya, masak dulu daging dan sisihkan.
  3. Selagi menunggu spageti matang, bisa mulai masak atau tunggu sampai spageti sudah mau matang juga boleh karena tumis bawangnya tidak lama. Jadi kalau sudah mau matang dan mulai masak, tuang minyak zaitun ke dalam teflon.
  4. Sampai sedikit panas, masukkan bawang putih dan sesekali aduk dengan cara menggoyangkan teflon. Tidak perlu mengaduk dengan spatula/sendok. Tumis hingga bawang putih berubah berwarna emas atau agak cokelat, masukkan bubuk cabai. Pada saat ini, silakan aduk dengan menggunakan spatula.
  5. Jika sudah, masukkan daging yang sudah di masak, kalau tidak pakai daging, langsung saja masukkan spageti yang sudah matang dan aduk.
  6. Jika spageti terlihat sangat kering, bisa jadi karena kurang minyak. Tapi tidak perlu tambah minyak lagi, cukup tambahkan sedikit demi sedikit air pasta yang sudah dipisahkan sebelumnya.
  7. Sampai pada konsistensi yang disukai, tambahkan garam dan lada untuk rasa. Bisa juga ditambahkan lagi bubuk cabai jika suka lebih pedas. Kalau sudah pas, taburkan daun sop dan angkat ke piring.

Nah! Gampang banget kan untuk masak spageti yang satu ini? 😀 Ayu coba, apalagi kalau kalian tinggal sendiri, ini mudah banget untuk di masak dan engga lama masaknya. Untuk porsi satu orang biasanya aku pakai segenggam kecil tangan aja, agar tidak terlalu banyak dan tidak terlalu dikit. Untuk rasa sendiri, aku lebih lebih suka agak pedas, jadi aku selalu tambahkan bubuk cabai yang powder. Bisa juga pakai chili flakes tapi flakes itu engga pedas karena cuma cabai kering aja.

Kalau kalian ada request lain, comment ya! Dan jangan lupa baca posting-an yang lain 🙂 See you on the next post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top