June 20, 2024

Cara membuat (Japanese) Soufflé Pancake w/ Matcha Cream

Hi! Sudah pada sering atau lihat Soufflé Pancake, kah?

Ini akan jadi post pertama untuk resep-resep dari makanan dan juga minuman yang udah pernah aku bikin di akun instagram homecafe aku yaitu Seasouse. Jadi untuk post pertama ini, aku ingin share resep dan juga tips untuk buat Soufflé Pancake yang jiggle-jiggle 🙂

Pertama, kita siapkan bahan dulu yaitu:

  • 2 telur ( di pisah kuning dan putihnya)
  • 35 gr terigu ( 2 sendok makan )
  • 2 sendok makan susu cair
  • 2 sendok gula pasir
  • vanili
  • 1/4 sendok teh baking soda
  • Minyak sayur secukupnya
  • rasio 1:3 whipped cream cair dan gula halus
  • 1 sendok makan bubuk matcha

Yang kedua, kita akan siapkan dulu bahan-bahannya. Alat yang digunakan di sini adalah mixer, whisk, dan juga spatula untuk folding kedua bahan. Ada tiga bahan yang harus disiapkan untuk membuat dish ini yaitu: bahan kuning, bahan putih (meringue) dan bahan cream.

Bahan kuning telur, kocok rata dengan whisk 2 telur kuning. Tambahkan vanili dan susu, whisk lagi sampai rata. Kemudian tambahkan baking soda dan terigu, saat whisk step terakhir ini, jangan terlalu lama! aduk rata dengan cepat hingga tercampur semua dan tinggalkan.

Bahan putih telur, atau membuat meringue ini harus kalian lakukan dengan mixer. Mixernya bisa mixer tangan atau tanpa tangan. 2 putih telur langsung di mixer dengan kecepatan sedang lalu ke kecepatan tinggi. Sampai sudah mulai kaku, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok terus sampai benar-benar kaku dan semua gula sudah tercampur dengan meringue.

Ketiga, gunakan spatula untuk mencampur bahan putih ke bahan kuning secara bertahap. Saat melakukan ini, jangan mengaduk dengan cepat atau lama-lama. Hanya sampai rata saja (kira-kira) karena kalau terlalu lama dan cepat, maka meringue akan menjadi cair dan soufflé akan kempes dengan cepat.

Setelah kedua bahan sudah tercampur, siapkan teflon dengan api kecil. Ketika telfon sudah panas, oleskan minyak sayur secara merata dengan kuas, tambahkan 1-2 sendok besar soufflé. Tambahkan sekitar 1 sendok teh air ke dalam telfon dan tutup selama 2 menit.

Jika dua menit sudah berlalu, tambahkan lagi satu-dua sendok adonan dan tutup untuk 1.30 menit. Kemudian, balik souffle dan tutup lagi untuk 2 menit. Angkat soufflé dan ulang prosesnya sampai adonan habis. Lakukan sampai semua bahan habis.

Untuk membuat matcha cream cukup dengan mencampurkan whipped cream dengan bubuk matcha dan mixer dengan kecepatan tinggi sampai menjadi cream matcha. Jangan lupa juga tambahkan sedikit gula kalau whipped cream/bubuk matcha kalian tidak manis, tetapi sesuai selera juga.

Kalau sudah, tuang 1-2 scoop matcha cream ke atas souffle pancake dan selamat menikmati!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top