June 20, 2024

The Ordinary Skincare Routine – A Thread (Review + Rekomendasi)

Sebagai salah satu brand yang sudah ternama, sempat juga viral di sosial media, apakah kalian sudah pernah coba produk dari The Ordinary? Produk Kanada yang dikeluarkan oleh Deciem ini dikenal dengan formula yang tidak dicampur dengan banyak bahan lain dan dianggap murah untuk produk dengan konsentrasi yang cukup tinggi.

Beberapa produk dari The Ordinary sendiri sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti Niacinamide, AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution, Buffet, dan lainnya. Saking bagus dan viralnya produk The Ordinary ini, harganya saja sempat melambung tinggi banget loh di marketplace Indonesia! Tidak jarang juga banyak penjual di marketplace yang menjual produk The Ordinary dengan model sharing alias dengan dibagi-bagi dalam bentuk kecil, jadi kalian bisa coba-coba dulu pakai ini beberapa minggu lalu membeli full bottle-nya.

Nah, karena sudah sangat terkenal banget nih, produk The Ordinary juga banyak loh yang dipalsukan! Kalian juga harus hati-hati kalau mau beli produk The Ordinary di marketplace yang tidak terpercaya. Di bawah artikel ini aku juga akan cantumkan beberapa penjual produk The Ordinary yang aku rekomendasikan ke kalian, tetapi sebelumnya simak dulu yuk The Ordinary Routine!

Muka aku tuh lebih cenderung ke berminyak dan juga berjerawat meskipun jerawatnya engga banyak, hanya sesekali aja, dan komedo aku banyak banget! Awalnya aku hanya menggunakan Niacinamide untuk bekas jerawat aku, kemudian aku memutuskan untuk pakai produk-produk lain dari The Ordinary sendiri.

Yang pertama, natural moisturizing factors + HA alias pelembab wajahnya The Ordinary. Ini tuh harganya sekitar Rp.175.000,- untuk pelembab yang 100 ml – karena produk ini ada 2 package, yang kecil dan yang besar. Aku suka banget sama pelembabnya The Ordinary karena dia bener-bener bikin wajah aku lembab untuk waktu yang cukup lama.

Dia ini jenisnya cream tapi kita cukup pake dikit aja dan saat di oles ke muka tuh dia jadinya creamy gitu, jadi kita engga perlu pakai banyak untuk seluruh wajah. Alhasil dia awet banget, parah. Untuk packaging yang 100ml ini aku bisa pake hampir dua bulan dengan pemakaian 2x sehari, karena menurut ku dia memang engga perlu banyak untuk wajah, cukup sedikit aja dia sudah bisa mencover seluruh wajah.

Produk ini tuh juga engga bau dan engga bikin breakouts. Bahan-bahan yang dia pake ini hampir mirip dengan cuci wajahnya, dia engga banyak pake bahan yang aneh-aneh karena dia pure cuma untuk melembabkan wajah aja. Jadi produk ini menurut aku sih friendly banget untuk yang perlu moisturizer yang engga aneh-aneh bahannya.

Yang kedua, aku pakai Niacinamide 10% + Zinc 1%. Nah produk ini sih gila sering banget abis di marketplace karena banyak bangettttt yang nyari dan gilanya banyak juga produk palsunya. Untungnya aku beli ini yang besar juga, 1 botolnya aku bisa habis lebih dari 1 bulan juga karena dia produknya agak kentel gitu dan saat di oles dia juga spreadnya bagus banget… jadi kita cuma perlu dikit aja pas pake.

Aku lebih ini awalnya untuk menghilangkan bekas jerawat, hitam jerawat dan juga untuk mencerahkan wajah. Banyak banget deh youtuber, dermatologist and influencer yang rekomen produk ini untuk bekas jerawat dan mencerahkan wajah… tapi jujur menurut ku ini tuh engga yang 100% holygrail untuk bekas jerawat.

Aku pake ini sudah hampir 2 tahun dan bekas jerawat aku masih ada aja sih… hahaha. Maksud ku tuh dia bukan yang ampuh banget untuk bekas jerawat ataupun mencerahkan. Dia memang bagus, kalau kita ada jerawat dan pakai ini, memang menurutku dia lebih cepet bikin jerawat kita keluar atau kering gitu, tapi bekas jerawatnya pun tetap lama proses healingnya.

Bagusnya, dia juga ada Zinc-nya yang bagus untuk mencerahkan wajah dan membantu mencerahkan bekas jerawat. Konsentrasinya sendiri cukup tinggi yaitu 10% untuk Niacinamide-nya, jadi beberapa dari kalian kalau punya wajah sensitif mungkin ini bakal ga cocok. Kalau aku pakai cuci muka atau produk lain yang agak tinggi juga, saat pake ini tuh wajah aku bisa merah dan panas perih gitu… karena ini memang tinggi konsentrasinya.

Jadi menurutku, produk ini sih agak overhyped. Setelah dua tahunan pake ini pun aku lagi consider untuk engga beli lagi dan coba produk lain karena menurut ku dia engga begitu cocok dengan aku.

Yang ketiga, caffeine solution 5% + EGCG alias eye serum The Ordinary. Produk ini sebenarnya aku sudah sering banget denger orang bilang dia engga memberikan efek apa-apa. Menurut aku juga produk ini sesuatu yang engga akan aku repurchase sih, tapi dia sebenarnya bikin mata panda aku ngempes.

Dia juga fungsi sebenarnya bukan untuk mencerahkan mata panda atau untuk mengencangkan kerutan-kerutan mata gitu… tapi dia cuma untuk memberikan efek tenang aja ke bawah mata dan menurut aku memang benar. Untuk harga yang cukup murah 1 botolnya, dia juga awet banget 1 botol aku uda mau 1 tahun belum habis-habis. Karena jenisnya serum ya sama sih dengan produk TO lainnya, cukup pake dikit dan dia spreadnya bagus.

Yang keempat, azelaic acid suspension 10%. Produk ini tuh juga sempet susah banget dicarinya karena selain cukup mahal, dia juga banyak banget yang nyari. Nah bahan Azelaic Acid sendiri, itu bisa membantu untuk mengembalikan pigmen wajah atau meratakan pigmen wajah. Jadi kala muka kalian belang atau beda gitu warnanya karena bekas jerawat, atau bekas sinar matahari, azelaic acid itu mungkin sesuatu yang harus kalian consider.

Aku personally love produk ini, karena menurut ku dia memang membantu untuk bekas-bekas wajah aku, yang ada spot-spot cokelatnya gitu lebih memudar. Tapi overall aku engga merasa perubahan yang signifikan dari produk ini, apalagi untuk produk 30ml dan harganya cukup mahal, menurut aku kurang sih.

Teksturnya yang cream, enak dipake dan juga dia engga bau. Engga bikin breakouts or anything, jadi dia enak sebenarnya untuk dipake, hanya saja resultnya engga begitu besar di aku.

Nahh! Jadi, setelah memberikan review atas 4 produk TO yang aku pake, aku mau ngasih tau skincare routinenya kalau kalian ingin pake produk-produk the ordinary juga nih. Sebenarnya overall, produk the ordinary ini enak dan cocok juga untuk wajah-wajah muda yang masih baru-baru di skincare. Kalian hanya perlu hati-hati untuk beberapa produk yang konsentrasinya tinggi tapi overall oke kok.

Pertama, facial wash. The Ordinary untungnya mengeluarkan produk pencuci wajah yaitu Squalane Cleanser. Cleanser ini bagus banget, dia mirip dengan Cetaphil gitu, jadi dia memang fungsinya untuk membersihkan wajah aja. Bahan yang dia gunakan juga aman dan non-alcohol jadi dia engga bikin wajah kering atau kaku setelah kalian pakai. Nah step pertama skincare kalian, kalian bisa gunakan cleansernya the ordinary ini untuk pagi dan juga malam.

Kedua, setelah mencuci wajah kalian yang bersih, kalian bisa pakai produk eye serumnya the ordinary yang udah aku review diatas. Kalian juga bisa pake produk caffeine solution 5% + EGCG untuk pagi dan malam setelah mencuci wajah.

Ketiga, kalian bisa pakai serum atau konsentrasi lain dari the Ordinary. Kalau kalian ada permasalahan dengan warna kulit wajah, ingin mencerahkan atau menghilangkan bekas jerawat, kalian bisa gunakan Niacinamide untuk step ketiga kalian. Pake secukupnya dan tunggu beberapa menit sebelum lanjut ke step berikutnya. Niacinamide ini bisa kalian gunakan pagi dan malam juga.

Keempat, kalau kalian tidak ada keluhan apapun dan tidak ingin menggunakan konsentrasi apapun, kalian sebenarnya bisa skip aja step dua dan tiga, dan kemudian menggunakan moisturizer Natural Moisturizing Factors+ HA dari the Ordinary. Moisturizer ini kalian bisa pake pagi, siang dan malam.

Kelima, setelah menggunakan moisturizer atau pelembab, wajib banget nih untuk pakai sunscreen! Akhirnya, The Ordinary ini ngeluarin sunscreen mereka sendiri sekarang padahal dua sampai tiga tahun lalu mereka engga punya sunscreen. Nah setelah menggunakan moisturizer, kalian bisa pakai sunscreen ini di pagi hari sebelum beraktivitas dan reapply saat siang atau sesuai kebutuhan!

Sekarang… saking banyaknya, bingung gak sih mau beli di mana? Nah kalau aku, biasanya beli di Zalora, tapi tuh sekarang kayaknya mereka udah engga jual produknya TO. Kadang ada, tapi juga kadang engga, aku bingung juga sih kenapa.

Kedua kalian bisa cari di marketplace lain, yang terpercaya aku biasanya beli di Ponne Beauty, schminkaus, dan beautybank. Tapi untuk belinya juga memang harus pantengin terus karena mereka engga selalu ada, kadang ada tapi juga harganya mahal banget.

Kalau kalian mau, kalian bisa langsung order dari dari websitenya Deciem, sekarang sih sepertinya mereka udah bisa langsung shipping ke Indonesia (sebelumnya engga bisa), tapi meskipun harganya lebih murah, biasanya di Bea Cukai kena pajak, jadi sama aja deh…

7 thoughts on “The Ordinary Skincare Routine – A Thread (Review + Rekomendasi)

  1. I will immediately grab your rss as I can’t find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Please let me know so that I could subscribe. Thanks.

    1. Hello! Thank you so much for reaching out. Unfortunately, I don’t have any e-mail subscription or newsletter service yet. I am very sorry! Please grab the rss so you can keep updated with my post! Again, thank you so much xoxo.

    1. Hi,

      Will write more about my current progress using some of the products – do wait!
      Do you have any specific questions regarding the products? would love to address them!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top