June 20, 2024

3D2N Belitong Initiary – Jalan-Jalan ke Bangka Belitung

Wisata Bangka Belitung sekarang jadi salah satu destinasi yang ramai dibicarakan orang-orang… banyak banget hal-hal menarik yang sering dibicarakan juga nih untuk Bangka, mulai dari pantainya yang masih sangat bersih dan biru, makanan seafoodnya yang segar dan juga keindahan alam lainnya yang dapat ditawarkan dari pulau Bangka. Bangka Belitung atau yang sering disebut sebagai Belitong ini juga sempat viral atau terkenal karena salah satu Gubernur Jakarta yang ramai dibicarakan masyarakat berasal dari pulau ini, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang sering disebut “Ahok”. Selain itu, Belitong juga terkenal karena film “Laskar Pelangi” yang merupakan film masa kanak-kanak anak Indonesia banget nih.

Nah, kebetulan kemarin aku pergi ke Belitong itu menggunakan tur. Sejenis private trip Belitong gitu, dan memang ini banyak banget yaaa orang yang open-trip untuk ke Belitong, baik untuk 3 hari 2 malam atau bahkan ada yang sampai 5 hari 4 malam. Kebetulan kemarin aku ambil yang 3 hari 2 malam karena aku jujur engga banyak ekspetasi sama Belitong, aku juga engga tau di Belitong ini ada wisata apa aja selain snorklingnya. Di Belitong ini, karena dia pulau kecil, memang sebenarnya masih kebanyakan seperti kampung gitu yaa… engga kota, bahkan dikotanya pun engga begitu yang ramai atau banyak tempat-tempat trendy kayak Jakarta gitu lah – untuk memberikan gambaran.

Beberapa hal yang aku lakukan di sana, yang pasti dan menjadi objek wisata utama itu memang snorkling-nya… jadi snorkling itu sudah pasti ada di jadwal. Selain daripada snorkling, kita juga ada hopping island untuk berenang dan coba spot-spot yang berbeda untuk snorkling, ada juga visit sekolah Laskar Pelangi, Rumah Ahok, rumah adat Bangka Belitong yang sampai sekarang ini masih digunakan oleh pemerintah Bangka Belitong untuk rapat-rapat tertentu, dan juga kita ke Kopi Kong Djie yang menjadi tempat kopi terkenal di Belitong dan bahkan sampai di Jakarta.

Untuk makanan sendiri, kita makan di rumah-rumah makan yang cukup besar dan bisa menampung banyak orang. Makanannya sendiri ini aku sudah disediain oleh tur-nya, jadi aku bayar tur itu benar-benar all include. Semuanya termasuk mulai dari makan, masuk tempat wisata, hotel, bahkan sampai nongkrong di Kopi Kong Djie aja itu udah dibayarin sama turnya! Aku hampir engga pernah keluar uang selama di sana karena semua sudah all include banget. Untuk tur ini, dia variasi di beberapa harga, patokan harga untuk aktivitasnya sebenarnya engga jauh berbeda dari satu ke yang lain, yang membedakan itu hanya ada di harga hotel aja. Hotelnya kita bisa milih mau tinggal di mana dan karena harganya per malam beda-beda dan ada yang include breakfast dan engga, jadi harga turnya disesuaikan dengan hotel yang kita ambil.

Oh yaa, ini aku di turnya juga sudah include driver dan kamera/video loh! Jadi selama visit tempat-tempat yang ada di Belitong, ini kita bersama driver/guidenya, dia yang menjelaskan, ngambil foto dan juga video buat kita. Pokoknya benar-benar all includeeee! Ini salah satu hal yang aku suka banget dari trip yang aku ambil di sini, karena aku dapat driver yang enak banget juga. Dia suka cerita, banyak jelasin tentang pulau Belitong, sabar banget juga dan engga buru-buruin kita untuk lakukan ini-itu. Benar-benar enjoy 3 hari dua malam untuk liburan santai di pulau.

Tetapi sejujurnya, gimana sih tentang Belitong sendiri? Aku agak mixed-feeling yaa untuk menyatakan sebenarnya gimana sih liburan ke Belitong? Aku bahas satu-satu kali yaaa…

Untuk makanan, kebanyakan seafood, karena memang pulau Belitong seafoodnya yang terkenal. Makanan dari tur yang aku dapat banyak bangettt macemnya. Untuk dua orang itu makanannya bisa kayak untuk 4 orang, rata-rata makanan yang aku dapat itu terdiri dari 5-6 macam sayur dan daging. Rasanya sendiri khas banget sama masakan tipikal Bangka, manis-asem dan gurih.

Yang paling enak itu pas aku sudah selesai snorkling, kita makan dulu di pulau kecil dan makan seafood yang di bakar, seperti udang bakar, ikan bakar, kepiting, dan di tambah dengan sambal terasi + jeruk songkitnya Bangka… wah sedap banget ini apalagi makannya dipinggir pantai. Untuk makanan Bangka, memang terkenal dengan sambal terasi atau terasi Bangka dan juga jeruk kunci/songkit. Jadi jangan lupa untuk coba makan dengan dua ini ya. Tentunya untuk makanan pasti cocok banget sama lidah kita sih, apalagi kalau kalian dari Sumatera gitu yaa, rasa makanannya engga jauh beda dan seafoodnya fresh-fresh juga.

Untuk hotel, aku pilih di hotel bintang 3. Hotelnya oke banget untuk sekedar 3 hari 2 malam aja karena aku cari yang memang nyaman dan bersih aja. Aku pikirnya karena ikut tur pastikan banyak hal yang dilakukan, jadi engga perlu cari hotel yang punya ini-itu banget. Yang penting bersih dan nyaman aja sih. Kemarin aku nginap di hotel Havana Mutiara, tempatnya okeee banget. Bersih, ada air panas, ada handuk yang diganti, lemari dan desknya cukup spacious. Dia juga include breakfast, jadi engga perlu repot cari sendiri, makanannya lumayan untuk breakfast dan ganti-ganti tiap paginya.

Untuk aktivitas, karena memang dia ini pulau kecil… memang engga banyak aktivitas yang sebenarnya menurutku bisa dilakukan. Terdapat beberapa visit seperti rumah adat, sekolah laskar pelangi, museum kata Andrea Hirata, dan lain-lain. Namun menurutku visit ke tempat-tempat ini dapat dilakukan dengan cepat dan sembari lihat-lihat saja apalagi kalau kalian pergi dalam group kecil. Selain daripada tempat visit tersebut, ada 1 aktivitas utama yang merupakan destinasi utama kalau pergi ke Belitong yaitu island hopping dan snorkling.

Nah, aktivitas ini adalah aktivitas yang paling-paling wow alias wah… harus lihat dengan mata kepala sendiri bagusnya! Airnya sangat jernih banget dan engga banyak pengunjung jadi kita benar-benar bisa menikmati waktu di sini dengan tenang dan sepuasnya.

Karena kita island hopping alias pergi ke beberapa pulau-pulau kecil yang ada di Belitung, jadi kita mendapatkan banyak banget pemandangan-pemandangan pantai yang beda-beda. Seperti foto di atas ini, pulau ini banyak banget batu-batu besarnya dan kita bisa naikin batu-batu ini sekedar lihat-lihat.

Airnya juga saking jernihnya, kita bisa lihat ikan-ikan kecil. Jadi engga perlu ke tengah pantainya, cukup agak pinggir aja kita udah bisa lihat ikan-ikan dan jernihnya air laut.

Juga, ada satu destinasi pulau lain yang menarik banget, seperti gambar di samping ini. Karena ternyata Belitung punya suatu pulau dan keragaman batu-batunya yang berbentuk seperti paruh burung garuda. Jadi kalau kita lihat, susunannya menarik banget yaaa… benar-benar kayak bentuk burung gituu…

Sayangnya, pada saat itu ombak lagi tinggi banget, jadi ada beberapa bagian dari batu-batu yang besar tenggelam dengan air. Harusnya, kita bisa berlabuh di sana dan berhenti untuk lihat-lihat dan foto-foto, tetapi karena ketutup, jadi engga bisa deh. Hanya bisa menikmati dari jauh aja.

Lepas sedikit dari keindahan pantai, pulau dan lautannya Belitung, kita juga disuguhkan oleh pariwisata daratnya Belitung, salah satunya adalah panggung keong ini. Jadi tempat ini tuh seperti danau gitu yaa, dan di bawahnya ada anyaman rotan emas seperti di foto samping ini yang membentuk seperti keong gitu. Kita bisa duduk-duduk dan nyantai aja di tempat ini.

Beranjak ke bagian kuliner, sayangnya aku ga foto nih makanan-makanan yang aku makan di Belitung padahal mereka tuh enak-enak dan bermacam-macam banget. Aku cuman sempat foto mie belitung yang terkenal banget dan bahkan sudah buka untuk berpuluh-puluh tahun lamanya! Mie Belitung Atep ini, sudah menjadi destinasi yang terkenal banget kalau kalian main ke pulau belitung, saking terkenalnya yang makan di sini tuh engga cuman wisatawan biasa aja, tapi sampai menteri, bupati, artis-artis juga pernah makan ke sini!

Mie-nya bukan jenis mie yang kita sering lihat yaa… rasanya mienya tuh kayak ada pakai kecap manis, tapi sedikit kayak ada cuka juga. Rasa utamanya juga dari ebi atau rebung yang kalian sendiri bisa lihat di foto. Overall ini mienya oke, bukan jenis mie yang aku suka banget, karena aku anak bakmie hahaha.

Selain daripada mie atep yang terkenal ini, kita juga engga boleh lupa dengan kopi Kong Djie-nya Belitung. Kopi yang sudah ada sejak 1943 ini sudah mendarah daging banget bagi warga-warga belitung. Untuk beberapa kedai Kong Djie, wah pagi-pagi kita bisa lihat banyak orang yang duduk ngopi sebelum kerja atau sebelum melakukan aktivitas hariannya.

Di kedai-kedai kopi Kong Djie, kita bisa lihat orang-orang ngopi sambil makan gorengan ataupun makan jajanan pasar sambil ngobrol-ngobrol dengan teman maupun orang yang baru aja mereka ketemuin di sana. Vibesnya asik banget deh pokoknya.

Terakhir adalah sekolah Laskar Pelangi di Belitung, ini tentunya bukan yang menjadi destinasi akhir yang bisa di kunjungi di Belitung yaa, masih banyak lagi wisata-wisata yang sepertinya bisa dikunjungi. Setau aku ada juga vihara besar yang sebenarnya menjadi salah satu tempat kunjungan Belitung.

Sekolah Laskar Pelangi yang kita lihat ini, ternyata merupakan replika daripada sekolah asli Laskar Pelangi. Tempat ini khusus hanya untuk tujuan wisata, saat datang memang bentuknya persis sekali dengan sekolah laskar pelangi yang kita lihat di tv, begitu pula meja-meja dan tata letak sekolahnya.

Saat di sana, ada beberapa anak-anak kecil di Belitung yang datang dan menyanyikan lagu laskar pelangi seperti di film. Jadi lumayan lucu yaa hahaha.

Nah guys, ada beberapa tempat lain yang juga menjadi tempat destinasi seperti museum kata Andrea Hinata, Danao Kaolin, dan rumah adat belitung, cuman memang tidak aku bahas di sini. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “3D2N Belitong Initiary – Jalan-Jalan ke Bangka Belitung

    1. Hi Craig,

      Unfortunately for now we do not have subscription in place, but please check in to our website every now and then! We have more content coming up. Thank you for taking interest in our website!
      XOXO

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top